jump to navigation

Duyung? Hanya Mitos atau Benar-Benar Ada April 24, 2008

Posted by subpokrusia in Mitologi.
trackback

BOLEH percaya boleh tidak, sebagian orang percaya bahwa dia ada, sebagian lagi percaya bahwa hal itu hanya sekedar dongeng yang dikarang oleh pendongeng asal Denmark, Hans Christian Andersen. Putri Duyung atau Mermaid adalah sesuatu yang sangat dikenal anak-anak sedunia. Terlebih setelah Walt Disney mengangkat cerita tersebut ke versi layar lebar, cerita tentang putri duyung yang jatuh cinta pada seorang pangeran pun terdengar ke seluruh dunia. Lalu sebenarnya semenjak sejak kapan kisah putri duyung ini dikenal masyarakat?

Legenda tentang `merfolk` atau manusia air dapat ditemukan sejauh masa babylonia, mahluk-mahluk air yang dikenal dengan sebutan Oannes atau Ea. Oannes dikabarkan muncul di laut Erythrean, dia muncul kepermukaan mengajarkan manusia seni dan ilmu pengetahuan. Saat ini Anda dapat melihat dinding yang menggambarkan semua itu di Louvre. Disana Anda akan melihat Oannes digambarkan sebagai seorang Merman, dengan tubuh bagian atas seorang pria dan tubuh bagian bawah memiliki ekor ikan.

Beberapa makhluk legendaris yang karakternya mirip puteri duyung juga ditemukan di beberapa negara, seperti: Mami Wata dari Afrika barat dan tengah; Russalki (Rusalka) dari Rusia dan Ukraina; Merrow dari Irlandia dan Skotlandia; Oceanid, Nereid, dan Naiad dari Yunani, ketiganya adalah Nymph air. Dalam dongeng dan cerita rakyat Eropa, ada makhluk yang wujudnya menyerupai puteri duyung disebut Melusine, berwujud wanita dari kepala sampai pinggang, sedangkan berwujud ikan dari pinggang ke bawah, dengan dua ekor yang bercabang atau kadang-kadang seperti ular. Di Jepang, jika manusia memakan daging puteri duyung, maka akan memeperoleh keabadian. Dalam beberapa cerita rakyat di Eropa, puteri duyung dapat mengabulkan permohonan.

(dikutip dari okanegara’s blog)

About these ads

Comments»

1. Yuline Monako - May 21, 2008

Hallo,
Ceritanya bersambung ya??
Sy hanya bisa baca sampai : Di Jepang, jika manusia…
lanjutannya ditunggu. Menarik. Ths

Yuline

2. subpokrusia - May 22, 2008

Alohaa ….

Wah ternyata setelah di baca lagi itu cerita kepotong bukannya bersambung :D Nanti kami check lagi deh.

Terima kasih

Subpok Rusia

3. Yuline Monako - May 22, 2008

Ths. I’m waiting patiently..

4. Yuline Monako - May 25, 2008

Mana nih??

5. yubithea - May 26, 2008

hehehehe maaf mba yuline, lama ya nunggunya?
Kalimatnya hanya terpotong sedikit kok, langsung saya edit.

“Di Jepang, jika manusia memakan daging puteri duyung, maka akan memeperoleh keabadian. Dalam beberapa cerita rakyat di Eropa, puteri duyung dapat mengabulkan permohonan.”

Bagaimana? berminat u/ memakan daging putri duyung? :D

^____^

toe-tea

6. Yuline Monako - May 29, 2008

Aih, kurang panjang. But, ths ya..
Versi Jepang: Ngak ah, ngak enak jd mahluk abadi. Gmn kl semua yg kita sayangi sudah ‘pada pergi’? Kl mengabulkan permohonan versinya Eropa, ehm… Tp sy minta dg Allah SWT aja deh, susah buanget cari nya hehe..
Oh ya, daging putri duyung maksudnya ikan putri duyung kan (yg bentunya ngak cantik kok 8)
Ntar nulis yg cerita spt itu lg ya… Kisah klasik dr Rusia misalnya.

7. kha - July 8, 2008

…..bener gak sich thuwwwh…..
pengen… gambar nyata…ato..
penemuan yang laennya juga bole…………….
i’m waiting…………..okay

8. adhira - August 17, 2008

kayaknya klo minta permohonan lewat putri duyung itu kayaknya lebih ke arah musyrik ya…kok kayak kita ga punya allah aja minta sesuatu ma putri duyung..:)
aku sech kayaknya ga percaya..tapi bagus ceritanya klo cuma buat dongeng..thank’s yaa

9. M.Husein - October 14, 2008

Menurut saya sepertinya mereka hanya salah lihat.
Itu sebearnya yang merka liat,…….. hmmmm
Apa ya? ……..
…….. oh iya itu semacam fatamorgana gitu sih KATANYA!!?
Tapi, mungkin juga yg wkt dilihat adlh ikan duyung atau semacam roh laut….!??
Walau bagaimanapun itu masih blm jelas, dan hanya mitos.)

10. subpokrusia - October 16, 2008

Betul pak, itu kan hanya mitos. Dan yang namanya mahluk mitos ya antara ada dan tiada gitu deh. Jd percaya atau tidak tergantung dari pemikiran masing2.

Tapi pak, klo memang itu hanya fatamorgana, saya jd punya pertanyaan, apa fatamorgana bisa diabadikan dalam bentuk foto??

11. aisyah - October 28, 2008

mnrt q putri duyung itu hnya mtos belaka.

elly - October 27, 2009

ad yg tpu

elly - October 27, 2009

tpi duyung ad kt ngri arab tau

12. natalia - November 14, 2008

buat aisyah menurut gw juga i2 memang cuma mitos

13. subpokrusia - November 17, 2008

Sebetulnya saya juga kurang percaya dengan duyung itu, tapi yaaah namanya juga mitos, boleh percaya boleh tidak. Tapiiii kayanya klo di ambil polingnya, banyak yang ga percayanya…..

14. endri wibisono - December 9, 2008

kira – kira aku ga percaya dech about putri duyung yang ada nalah ngeri iya// soalnya mana ada manusia kok punya ekor/// tapi kalo lalang Wibisono suatu saat akan di kutuk jadi putra Duyung hihihi cos dia kan dengan sengaja berselingkuh trus ninggalin aku…….

elly - October 27, 2009

syang kamu.

15. kya it's me - December 30, 2008

waduh2 dapet informasi dari mana tuh???? kayanya lengkap amat……….tapi emang sebenernya ada apah putri duyung yg bener2 kaya manusia????cuma beda kaki????

elly - October 27, 2009

ada dong.

16. subpokrusia - January 5, 2009

Yaaaa namanya juga mitos, mau percaya mau nggak percaya sah-sah aja. dalam skala ketidakpercayaan 1-10 saya ambil angka 9 dah.

Untuk p endri, memang ada ya mahluk PUTRA duyung? Walau duyung ada yg cowo tapi rasanya kok saya ga pernah dengar ada PUTRA duyung ya hehehhhee

17. wulan - January 30, 2009

boleh juga sich hidup abadi tpi dengan orang yang kita sayang.atau mengabulkan keinginan kita

18. Wulandari - January 30, 2009

boleh sich… kita hidup abadir dengan orang yang kita sayang atau mengabulkan permintaan dan permohonan kita..

19. icha - February 11, 2009

hay aq pengen liat dund ikan yang menyrupai manusia tesebut ..
soalnya aq suka banget sama princess ariel makana aq pnasanran

20. BellaLuVKYoKYi - February 17, 2009

kalo aq punya sebuah novel yang menceritakan seorang putri yang inggin bunuh diri karena kematian kekasih nya tetapi di selamatkan oleh raja mermaid yang sayang akan kecantikan Elice (tokoh utama) tetapi penyembuhan itu mempunyai efek yang membuat Elice harus menjadi mermaid juga………(beli aja novelnya diri) seru abis jamin judulnya “The History of …..

21. iztie - March 13, 2009

cUkUp MeNaRik .!!!!!!!!

22. iztie - March 13, 2009

puTri DuYunG ….???????
BeLievE iT oR noT …

Tapii.. waLLahuaLLam.. ajja dEkh,,
bwT yaNg nuLis ..
kaLo keTemu ama puTri duyung nya saLamin ya …????

23. zahra - March 17, 2009

dari sejak gue ngerasa jadi anak2,,
gue udah tertarik banget sama yang namanya putri duyung,
gue penasaran banget,,
antara percaya ato enggak, sebenernya putri duyung itu ada apa enggak siiih ? ?
seandainya ada yang bisa ngasih jawaban yang memuaskan gue gitu loh…………………………………. ;-)

24. putie - April 21, 2009

waw ……………!
hebat juga yah di dunia ada manusiaa berbadan ikan
untung bukan aku kan sama2 putri
he ….he …….he …….!

subpokrusia - August 21, 2009

putie putie melati ali baba
meyah meyah delima pinokio…

25. esxa sarasasti - April 26, 2009

ada and tidak ada_nya putri duyung…..ithu merupakan cerita yang amat sangat bagus untuk dapat QT dengar……
klau thooo ada AQ juga pengen ketemu (he….3x)

subpokrusia - August 21, 2009

Saya pribadi juga ingin ketemu klo ada, soalnya dibayangan saya duyung itu cakep. wuiiihhh

26. Indah Sari Ulfa - April 30, 2009

low Q sich percaya2 aja…..!
Tapi Q mo lihat itu dgn mata Q sndiri!
coz Q seneng banget denger cerita or dongeng seperti itu!
Soalnya bagi aku itu menarik untuk di dengar!
dan itu kan unik…………..!
tpi law soal abadi and ngabulin permohonan Q gak percaya
soalnya itu cuma mitoz dan Q punya agama Q sendiri!

27. Indah Sari Ulfa - April 30, 2009

Ceritanya diperpanjang lagi donk!!!
itu kan uniq!!

INDAH

28. Ria Apriani - May 8, 2009

aku percaya putri duyung itu ada, impianku waktu kecil dulu ingin menjadi putri duyung he he he he

subpokrusia - August 21, 2009

Wah, apa ndak terbalik? Didongeng-dongeng putriduyung ingin jadi manusia, eh ini yg udah manusia ingin jadi putri. Putri duyung maksudnya… Boleh tau alasannya kenapa ingin menjadi putri duyung?

29. jel - May 10, 2009

i lovely mermaid

subpokrusia - August 21, 2009

they are pretty, aren’t they?

30. annisa - June 4, 2009

bener bener ada gak sih ? penasaran nih ,,?

subpokrusia - August 21, 2009

yang namanya legenda atau mitos itu tergantung diri sendiri mau percaya atau tidak

31. irwan - June 6, 2009

wow seru ditunggu lanjutannya ya

subpokrusia - August 21, 2009

ini kan bukan cerita bersambung pak

32. memey - June 11, 2009

YoaLah PeNGeN wERUh Aq……..

33. Audy Alin Al Ihsan dari Sukorejo Banyuputih Situbondo - June 20, 2009

Audy Alin mau tanya ya pak? Putri duyung itu anaknya siap ya? rumahnya dimana? kata adik saya bernama Adil, katanya putri duyung itu cantik ya pak, tapi mau nggak dijadikan pindang? soalnya kan termasuk kelompok ikan seperti ikan nus atau cumi-cumi. kalau nggak dipindang saya goreng aja..

34. Audy Alin Al Ihsan dari Sukorejo Banyuputih Situbondo - June 20, 2009

Audy Alin mau tanya ya pak? Putri duyung itu anaknya siapa ya? rumahnya dimana? kata adik saya bernama Adil, katanya putri duyung itu cantik ya pak, tapi mau nggak dijadikan pindang? soalnya kan termasuk kelompok ikan seperti ikan nus atau cumi-cumi. kalau nggak mau dipindang saya goreng aja… buat slametan dimakan sama-sama temanku di PAUD Pesantren.
Dibawah ini saya kirimkan lirik lagu mas Ridho Rhoma untuk para duyung itu biar bersendagurau sambil menyanyikan lagunya Mas Ridho..

MENUNGGU – Ridho Rhoma

a..a…a…a….a….a
Sekian lama aku menunggu untuk kedatanganmu
Bukankah engkau telah berjanji kita jumpa disini

Datanglah kedatanganmu kutunggu
Telah lama … telah lama kumenunggu

Derita hidup yang ku alami duhai …. pahit sekali
Pada siapa aku berbagi kalau bukan padamu

Datanglah kedatanganmu kutunggu
Telah lama … telah lama kumenunggu

Reff.
Selain dirimu kasih … tiada yang lain lagi
Tempat cintaku bersemi … mencurahkan isi hati

Lama sekali aku menanti kedatanganmu kekasih
Betapa hati tidakkan sedih kau biarkan ku sendiri

Sekian lama aku menunggu untuk kedatanganmu
Bukankah engkau telah berjanji kita jumpa disini

Datanglah kedatanganmu kutunggu
Telah lama … telah lama kumenunggu

KERINDUAN – Ridho Rhoma

Betapa hati rindu … pada dirimu … duhai kekasihku
Segeralah kembali …pada diriku … duhai kekasihku

Aku sudah rindu … lincah manja sikapmu
Aku sangat rindu … kasih sayang darimu

Semoga kita dapat … bertemu lagi seperti dahulu
Supaya kita dapat … bercinta lagi seperti dahulu

Reff.

Gelisah … hati gelisah … sejak kepergianmu
Tak sabar … hati tak sabar … menanti kedatanganmu

Kucoba menantimu … walau gelisah
Ku kan selalu menanti
Dengarkanlah kasihku … dengarlah sayang
Ku ingin kau kembali

Semoga kita dapat … bertemu lagi seperti dahulu
Supaya kita dapat … bercinta lagi seperti dahulu

Aku sudah rindu … lincah manja sikapmu
Aku sangat rindu … kasih sayang darimu

Semoga kita dapat … bertemu lagi seperti dahulu
Supaya kita dapat … bercinta lagi seperti dahulu

PESONA – Ridho Rhoma

Hemmm …. pesona
Baru kini kurasakan sentuhan keindahan
Siraman cahaya kasih membias dalam hati
Kuterpesona nuansa indah
Kuterpesona nada cinta
Hemmm …. pesona
Hemmm …. asmara

Betapa kehadiranmu mengelus renung kalbu
Kau tanam benih harapan lenyaplah kesepian
Kuterpesona nuansa indah
Kuterpesona nada cinta

reff…..

Tembang asmara mengalun ceria
Merasuk sukma membelai jiwa
Merekah sudah tunas satria
Mendamba cinta seorang belia

Kau sajikan untukku hai perawan
Anggur cinta manisnya memabukkan
Kutuangkan dalam cawan kenangan
Kan kureguk bila memang suratan
Hemmm …bahagia…

Kuingin impian ini menjadi kenyataan
Semoga harapan ini bukan hanya khayalan
Kuterpesona … nuansa indah
Kuterpesona …nada cinta
Hemmm …pesona Hemmm … asmara

Betapa kehadiranmu mengelus renung kalbu
Kau tanam benih harapan lenyaplah kesepian
Kuterpesona nuansa indah
Kuterpesona nada cinta

DAWAI ASMARA

Hahaha … haha…haha
Dawai asmara bergetar syahdu – Mengalunkan senandung rindu
Belaian mesra menggugah jiwa – Tak terlukiskan bahagia

Hanyut dalam gelora cinta – Hanyut didalam surga cinta
Tenggelam dalam madu cinta – Tenggelam didalam bahagia

Dawai asmara bergetar syahdu – Mengalunkan senandung rindu
Belaian mesra menggugah jiwa – Tak terlukiskan bahagia..

Ha..ha..ha… hemm.. hem..

Reff :
Syair para pujangga mengabadikan cinta
Hati para dewasa pasti tersentuh cinta

Terkadang lembut dan manja cinta membuat terlena
Adakala bergelora bak debur ombak samudera

Pesona cinta membuai jiwa – Menjanjikan sejuta indah
Terbit selera tergugah jiwa Tuk menyemaikan benih cinta

Semoga putik ‘kan berbunga – Semoga panggil ‘kan terjawab
Kuingin hidup dengan cinta – Kuingin selalu bersamanya

Pesona cinta membuai jiwa – Menjanjikan sejuta indah
Terbit selera tergugah jiwa – Tuk menyemaikan benih cinta

subpokrusia - August 21, 2009

kira-kira duyung bisa nyanyi dangdut nggak ya?

35. azis - July 2, 2009

booooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooonkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

36. eka sukma - July 10, 2009

ow….? gt toh critanya…
mnurut sy, itu hanya mitos. pi manusia yang tubuhnya setengah manusia dan setengah ikan mungkin memang ada, dan manusia tersebut bukanlah ikan duyung, melainkan dy adlah mahkluk yang diciptakan oleh Allah dalm wujud yang berbeda dari yang lainnya, n smua itu diperlihatkan kepada Qt semua agar Qt smua menyadari bahwa Allah itu Maha Kuasa dan Maha Pencipta dan bertujuan agar Qt sadar bahwa hanya kepadanya Qt akan kembali.

37. husna - July 28, 2009

jika ada buku ikan duyung aku ingin beli walaupun mahal……

subpokrusia - August 21, 2009

Karena duyung itu ceritanya dari luar negeri coba deh cari bukunya dikinokuniya, biasanya banyak buku2 impor disana

38. BRAICO - August 6, 2009

YAH,,,DUYUNG LAGI,,,DUYUNG LAGI,,:-J TPI ITU TAHAYOL BRO ENTAH IYA ENTAH BETOL..SEMOGA AJA MITOS ITU BENAR ,,,WALAU PUN DUYUNG TUH ADA PASTI DIA,,CANTIK,,,,DAN KALAU PUN ITU DAH GAK ADA,,,SEMOGA,,,U TENANG DI ALAM SANA,,DUYUNG,,[-O<

39. BRAICO - August 6, 2009

WAH DUYUNG DAPAT MEMENUHI PER MINTAAN,,WE,,MINTA,,WE JDI ORANG GANTENG,,,,,,,,,,,,,,,[-O<

40. ijah - August 28, 2009

wahh fantastic sekali…aku kagum melihatnya…ajjaib yahh cobba adda putra duyung pasti lebbih seru duecch
hagshagsd….

41. enok - August 28, 2009

ikh..ijah kamu sama yah pikirannya dengan sayah..tapi manah mungkin putrah duyung ada..kalo ada pastinya ada anak duyung..namanya buyung upik….salam kenal dari enok yah..anak nganjuk..

42. via - October 22, 2009

ech…crtita nye sambung lgi ea…
to be continue….
wokey……

43. elly - October 27, 2009

gak mungkin

44. memayang - November 4, 2009

entahlah tak masuk akal

45. Irawan - November 6, 2009

kayaknya Putri duyung itu hanya sekedar mitos doank dech. soalnya gak ada pembuktian secara keilmuannya, tapi sebagian orang akan termakan dengan mitos ini, pasalnya ada kejadian aneh yang merujuk ke hal yang menguatkan mitos ini.
tapi apapun yang terjadi, mudah-mudahan ini tidak membawa orang yang membaca mitos ini melakukan hal yang aneh, because as you know that it just story buat anak biar cepet bobo.

46. safira - December 12, 2009

wah….
bagus ya ceritanya !
keren

47. bayu seraditama - December 16, 2009

apakah putri duyung itu ada
kalau ada foto asli na tolong di sebarkan di internet ya

48. naksir - December 26, 2009

putri duyung…..
hanya cerita rakyat…….dan hanya sekedar dongeng yg blum tau kebenaranya????
apakah dia ada?
ataukah hanya cerita rakyat saja?

49. ecca kurniawan putri .A.B - January 12, 2010

putri duyung itu sebenarnya G ada, itu adallah legenda yg sngat lama..tpi orang kdang ada yg percaya ato tdak…yg jlas putri duyung G ada.. putri duyung adalah ikan ..bukanlah mnusia..
putri duyung adalah cerita dongeng untuk anak seusia 3 tahun…
Tamat….xixixixixixixixixi

50. farel - March 4, 2010

g seru ceritanya g da sambunganya??

51. ìmung - April 11, 2010

putra duyung ada ga ea . . . . .

52. toplek - May 15, 2010

emang nyari putri duyung di 5na???????????????

53. Syhamshul GIE - May 22, 2010

saya fikir putri duyung itu hanya mitos blaka saja tapi kta kan ngak tau kekuasaan ALLAH SWT tentang apa yg ingin diciptakannya ataupun yang ingin dimusnahkan oleh ALLAH SWT

54. jenita - May 22, 2010

bisa di ceritakan lebih lengkap lagi tidak?, karna sya ingin mengetahui lebih lanjut tentang putri duyung…
karna saya selalu bertanya-tanya apakah keberadaan putri duyung itu ada atau tidak..
thk…

55. Putri Aruan - May 28, 2010

ngeri tutup donk gak malu ya…
hehehe tuh payudara nya nampak sekali lg tutup ya… :P

56. olgina - June 16, 2010

kurang panjang ceritanya ..

lebih seru ya !!

i like it .. :)

57. NANEEY - June 25, 2010

KAYAK AKU ORANG MALAYSIA INI PON GA PECAYA WUJUDDNYA DUYUNG…GIMANAYA???????

58. chairul anwar nhurachka - July 2, 2010

i like duyung….

i hope duyung can come moment life me… hehehe…

just kidding…

59. monica - December 11, 2010

masa sih gx percaya!!!!!!!!!

subpokrusia - January 19, 2011

Dear Monica, dan teman2 yang lain yg sudah mengirim coment di artikel ini sejak tahun 2009.

Untuk masalah percaya tidak percaya itu semua kembali ke diri sendiri. Jika kita mau mempercayai sesuatu maka tak ada yg bisa mengubahnya kecuali diri sendiri, untuk kelanjutan cerita, kapan ya bisa mencari data dan faktanya. sedangkan masalah penutup bagian atas, pan kalo pake baju justru jd masuk angin karena selalu basah hehehe
Salam semuanya

60. geovanny hezkie bolang - March 25, 2011

ah……….. paling hanya boonggan, kalau saya boongan kan cuma mitos / dongeng, kalau anda ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: