jump to navigation

Ke Negeri Beruang Merah May 12, 2008

Posted by subpokrusia in Kabar dari Rusia.
trackback

Guru kencing berdiri murid kencing berlari. Mungkin itulah pepatah yang sangat tepat untuk menggambarnya bahwa siswa dapat melebihi kemampuan gurunya, baik dari segi ilmu maupun pengalaman. Hal inipun terjadi di Subpok Rusia. Sementara para mantan siswa sudah melanglang buana ke negeri Beruang Merah sana, akan tetapi para instrukturnya bahkan ada yang belum pergi ke Rusia.

Sebagai salah satu contoh adalah para mantan siswa Crash Program bagi personel Puspenerbad. Para mantan siswa puspenerbad ini sekarang berada di Rusia tepatnya di Kazanki untuk mengikuti Training Helikopter Mi-17 selama tiga bulan. Dengan optimistic akan berangkat ke Rusia, para siswa belajar di Pusdiklat Bahasa selama dua bulan. Bahkan ada seorang siswa yang terlambat mengikuti pendidikan dan hanya mengikuti pelajaran Bahasa Rusia selama tiga minggu dapat pula mengikuti pendidikan di Rusia. Dengan berbekal pengetahuan Bahasa Rusia selama dua bulan itulah mereka berangkat ke Rusia. Kabarnya bahkan si tempat training tersebut terdapat instruktur asli Rusia yang tidak bisa bahasa Inggris dan hanya berbicara dalam bahasa Rusia, sehingga mereka harus mengerahkan kemampuan bahasa Rusia mereka untuk menangkap instruksi ataupun pelajaran yang diberikan.

Selain personel Puspenerbad ini, tidak sedikit mantan siswa bahasa Rusia yang telah pergi ke Rusia, baik mantan siswa regular maupun crash program. Untuk siswa reguler, ada beberapa siswa yang menyatakan menyesal karena kurang sungguh-sungguh dalam mengikuti pelajaran ketika kursus dulu, hal itu disadari setelah di kesatuaan dan beberapa diantaranya mendapat tugas untuk menjadi pendamping tamu dari Rusia dan atau mendapat tugas ke daerah tertentu (Aceh, ketika terjadi Tsunami) untuk mendapingi personel kesehatan dari Rusia di Aceh.

Dengan melihat contoh-contoh yang telah disebutkan sebelumnya, mari kita tingkatkan kemampuan berbahasa Rusia kita, semoga suatu saat, bagi yang belum pergi ke Rusia, dapat mewujudkan harapannya untuk pergi ke sana. Karena tidak ada kata terlambat untuk mempelajari ulang dan atau menamnah pengetahuan berbahasa Rusia kita.

Comments»

1. Sundoro Agung - May 15, 2008

Sdravsvuice..
Eto prawilna…Kita Tim Penerbad yang sedang belajar di Kazanom vertaliom Zabode memang modal nekad berbahasa rusia. Terima kasih kepada Pak Bistok yang mengajarkan belanja di pasar (Paciom), Bu Efi yang telah mengajarkan perkenalan dan menawar barang (Moshna Pamensei), Bu Chaerani yang mengajarkan Rasgawor (Ya inrasanyets), Bu emma yang mengajari Garamatika (Kazankii Vertaliotnii Zabod), Bu Tuti yang mengajari ungkapan2 Rusia (Ya lyublyu tebya). Semua sudah kami praktekkan dengan hasil memuaskan (malajest)..
Do swidaniya.

2. PONNU C - May 15, 2008

Dobre..dobre..Hatur nuhun c drugom pengasuh Subpok Russia yang telah membimbing kami,sehingga kami bisa mempraktekkan kemampuan bahasa kami,walaupun hanya 2 bulan tapi tetap yakin dengan bekal yang telah diberikan.Svaciba balcoye…

3. subpokrusia - May 19, 2008

Здравствуйте…

Wah wah wah… Anda sudah praktekkan apa yang telah didapat di pusbahasa, sedangkan beberapa dari kami bahkan belum pernah mencium baunya Rusia. Tapi kami senang dan turut berbangga atas kesuksesan anda. Anda tau kenpa kami berbangga? Karena kesuksesan anda merupakan kesuksesan bagi kamu juga.

Kami para instruktur selalu mendoakan semoga kalian sukses dimanapun kalian berada

4. vrach - April 1, 2009

wah keren bener mas…! skrang masih d russia???

kazanki teh d mana ya?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: