jump to navigation

Angka 13 dan Kapal Antariksa Rusia May 22, 2008

Posted by subpokrusia in Mitologi.
trackback

Moskow, Angka 13 cukup terkenal sebagai angka sial ternyata tidak hanya menjadi mitos di kalangan orang biasa saja, akan tetapi pemerintah rusia yang telah modern pun masih mempercayai mitos tersebut. Bahkan untuk menamai barang sekelas kapal luar angkasa sekalipun mereka menghindarinya. Kapal Soyuz terbaru merupakan kapal luar angkasa Rusia yang ke-13. Namun karena angka 13 dianggap angka sial, maka pemerintah Rusia pun menghindari penggunaan angka tersebut. Jadilah kapal tersebut bernama Soyuz TMA-14.

“Kami percaya kucing hitam, hari Senin dan angka 13 merupakan pertanda buruk yang harus kami hindari. Oleh karena itu perubahan nama kapal luar angkasa kami nanti merupakan langkah yang tepat,” ujar Kepala Badan Luar Angkasa Rusia Anatoly Perminov, seperti dikutip AFP.

Soyuz TMA-14 ini direncanakan akan melaksanakan misinya pada tahun 2009, dan merupakan kapal ruang angkasa ke 13 sejak peluncuran pertamanya tahun 1967.
Tahayul ternyata bukan hal yang luar biasa di kalangan astronot Rusia, yang selalu melakukan ritual untuk keberuntungan. Setiap akan melakukan peluncuran, para astronot selalu melakukan ritual menonton film klasik Soviet yang berjudul ‘White Sun of the Desert’. Film ini dipercaya mampu memberikan keberuntungan bagi mereka yang akan menjalankan misi ke ruang angkasa, setelah kejadian naas yang menimpa Soyuz 11 pada Juni 1971 dan menewaskan 3 astronotnya. Aneh tapi nyata, ternyata kekuatan sebuah mitos mampu membuat modernisasi terlihat seperti sesuatu yang tidak modern. <y>

Sumber – kabarindonesia

Comments»

1. Sundoro Agung - May 23, 2008

Zdravstvice..
Memang orang rusia masih percaya hal-hal yang supranatural. Disini saja ada chanel(kanal) TV yg selalu menyiarkan acara misteri, kaya Indosiar gitu. Ada juga acara TV yg berisi tentang kekuatan supranatural untuk mencari anak hilang. Selain itu,kita juga ngobrol dengan masyarakat Kazan mereka masih percaya hal2 seperti itu, tidak beda sama masyarakat kita…
Paka

2. subpokrusia - May 24, 2008

Waaah ternyata memang disetiap negara punya bagian-bagian masyarakat yang percaya pada masalah supernatural. Trus bagaimana dengan pantangan2 tertentu seperti di Indonesia “nyapu ga boleh ada yg ketinggalan nanti suaminya berewokan”, ada tidak disana hal seperti itu?

^___^

toe-tea

3. yesyoya - May 26, 2008

dan masih banyak lagi panantangan di Indonesia yaitu …gak boleh berdiri di pintu …….kenapa ? nanti ada orang lewat susah lho, dan gak boleh makan sambil ngobrol …..kenapa? nanti keselek…… ya iya laahh, bukan ya iya dooong.

4. Yuline Monako - June 15, 2008

Hallo..
White sun on the dessert itu ceritanya tentang apa?
Ths

5. Sulaiman - October 9, 2008

mengapa masih percaya sama angka sial, waktu sial, tempat angker dll. yang di jawa disebut pantangan, pamali, era elok, dll. kapan manusia bebas dari cerita tahayul, dan dari kepercayaan tahayul? kok orang luar negeri yang katanya mengagungkan akal pikiran ternyata tidak jauh beda dengan kita? sungguh aneh tapi nyata!!!

6. yubithea - October 11, 2008

Yaaa namanya juga manusia pa, walau pemikiran sudah moderen, mitos tetap ada. Walaupun sudah pernah ke bulan atau ke planet yang lain, basic kepercayaan terhadap hal-hal demikian masih cukup melekat. Memang nyata loohhhh


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: