jump to navigation

Wisata Berenang Dalam Es di Rusia Bisa Sembuhkan Flu May 22, 2008

Posted by subpokrusia in Kabar dari Rusia.
trackback

Anda pernah membayangkan merendamkan tangan selama 10 menit dalam air es? tentu yang terbayangkan adalah rasa sakit seperti tertusuk ribuan jarum. Tapi, hal itu tidak menjadi masalah di Rusia. Kebanyakan dari mereka bahkan berenang dalam kubangan es saat musim salju tiba. Beberapa diantara mereka yang melakukan kegiatan ‘aneh’ itu bisa Anda lihat di sepanjang sungai Moskow saat membeku.

Mereka biasanya membuat kolam-kolam yang tidak terlalu besar sebagai kolam renang. Dan alasan mereka melakukan itu karena merupakan pengobatan tradisonal mereka, sekaligus berwisata.

Pertama kali yang dirasakan, ya rasa sakit karena dingin itu. Kemudian mati rasa. Setelah itu merasakan tubuh seperti terbakar, mata serasa buta dan tidak bisa mendengarkan apa-apa.

Para dokter memang telah mengingatkan bahwa berenang dalam air es sangat berbahaya, karena temperatur air hanya 2-4 derajat celcius, dan dapat menyebabkan kematian dalam 30 menit. Tapi, walaupun begitu, berenang dalam es, sudah populer dari Kanada, bahkan China. Ini sudah menjadi bagian dari

mitos Rusia. Kaum Orthodox menetapkan hari ‘Epiphany’, yaitu hari perayaan untuk umat Kristinani, yang jatuh setiap tanggal 6 Januari, dirayakan dengan mandi di dalam es.

Grebyonkin, Presiden Federasi Renang Musim Dingin Rusia mengatakan bahwa disana terdapat antara satu hingga dua juta orang Rusia yang gila kegiatan ini, atau yang biasa mereka sebut dengan sebutan morzhy. Itu sudah termasuk anggota dari 50 lubang air di sungai Moskow, kolam, dan kanal.

Dan walaupun mereka kelihatan gila, tapi ini termasuk salah satu metode yang masuk akal.

Perenang handal yang bisa menenpuh lintasan jarak jauh, menurut Grebyokin, sudah merasakan kedinginan luar biasa mulai dari darah dari jantung hingga ke organ-organ vital lainnya.

Kemudian saat perenang naik keatas, dia mengatakan, “Temperatur didalam dada naik hingga mencapai 40 derajat celcius. Kita hanya bisa bernafas selama 15-20 detik, tapi itu sudah cukup untuk membasmi virus dan kuman.”

Lebih baik lagi, keterkejutan tadi akan melepaskan ketegangan dalam otak dan endophins, yaitu semacam reaksi natural yang biasanya disebut dokter seperti sensasi setelah e.

Selain itu, menurut para morzhy, kegiatan tersebut dapat menyembuhkan ketergantungan alkohol, diet yang berlebihan, memperbaiki aktivitas seksual, bahkan mengobati penyakit flu. <y>

sumber : kapanlagi.com

Comments»

1. Sundoro Agung - May 23, 2008

Zdravstvuice
Saya punya pengalaman berkaitan dengan sungai yang membeku ini..Jadi saat musim dingin sungai membeku jadi es i bisa dilewati buat jalan. Banyak orang mancing diatasnya, saya sama beberapa kawan juga pernah ikut mancing diatas sungai es..Asik, tapi dingin.🙂 . Memang ada kelompok diRusia yg pnya tradisi mandi disaat musim dingin (bukan dikmr mandi lho) tp disungai. Didaerah Kazan ada danau yg suhunya selalu +4 drajat apapun musimnya. Musim dingin tdk pernah membeku,musim panas tetep dingin. Banyak yang mandi di danau itu..
Do vstreci

2. Anton H Biantoro - May 23, 2008

Aduh mak, saya rasanya pilih mandi air panas di Ciater saja sambil minum es kelapa! Orang Rusia memang seperti beruang kutub, tahan dingin. Tetapi orang-orang Skandinavia (Finland, Norway dsb) mereka sauna atau mandi uap dulu sampai diatas 100 derajat Celcius, baru loncat ke kolam yang hampir beku! Lain ladang lain belalangnya sih! Thx Subpok Rusia dan Sundoro Agung!

3. POHHU.C - May 24, 2008

Dobrey..dobree,Heilers niseks…big eibet?(tatarstan language)
he..he..ternyata diRussia ini kaya juga dengan berbagai macam bahasa sama juga dengan dikita punya bahasa masing2daerah.Infomasi untuk Subpok neh Bahasa tatarstan sangat jauh berbeda dg Bahasa Russia.
Ternyata diRussia sini ada kebiasaan juga kalau musim dingin mereka malah mengkomsumsi es,padahal suhunya sudah dingin malah ditambah dengan makan es cream.Kebiasaan itu saya ikuti juga ternyata makan es cream pd suhu dingin membuat rasa es creamnya tambah nikmat dan dapat menghangatkan tubuh yang kedinginan,jika anda tidak percaya silahkan mencoba dipuncak bogor atau dibandungan semarang yg daerahnya cukup dingin.( jgn masuk lemari es yah…)selamat mencoba.paka dacswidaniya…

4. subpokrusia - May 24, 2008

Zdravstvuice….

Wah saya juga memilih untuk mandi di pemandian air panas dari pada berendam air es, bisa-bisa setelah keluar dari kolam saya sudah berubah menjadi balok es berbentuk toe-tea hiii bbrrrrrr. Berrrrbahaya, nggak banget deh. Tapi untuk uji nyali boleh juga di coba.

Kalo untuk makan es krim kala udara dingin, masuk akal juga seh, soalnya u/ melawan dingin lebih baik badan didinginkan juga so suhu badan sesuai dengan suhu di luar, betul tidak???

Kabarnya diRusia sekarang sudah masuk musim semi ya? Semuanya sudah mulai terbukakah?????😉

Cheers always

^______^

toe-tea

5. me - May 26, 2008

Betul apa yang dibilang Kapten Roni, saya pernah mengalami makan eskrim di musim dingin di Rusia tepatnya di kota Tula dimana saat itu suhunya minus 22 derajat celsius, oiiii nikmat sekali apalagi memang eskrimnya juga uenaaakkk. Di saat musim dingin saya merasa nyaman ada di luar rumah karena terasa lebih segar, sementara di dalam rumah pengap karena semua jendela dan pintu selama musim dingin tertutup rapat sehingga udara tidak berganti, tapi sayang matahari tidak lama menemani kita di luar rumah,jam 08.00 matahari baru muncul dan jam 03.00 sore matahari sudah tenggelam lagi. o..ya pertama kali saya melihat salju yang terpikir adalah seandainya saya bawa sirup strawberry…………hehehe

6. esyo ya - May 26, 2008

mi uze pagavarim ob marojenoye,…..hhhmmm ada yang sudah makan SMETANA dan MANNAYA KASYHA ? coba deh ….Insyaalloh Bahasa Rusianya tambah lancar…

7. ical - February 28, 2009

orang russia emng aneh…
tapi cerdas…

8. para kazan - September 13, 2009

mi uze pagavarim ob marojenoye,…..hhhmmm ada yang sudah makan SMETANA dan MANNAYA KASYHA


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: