jump to navigation

Mesjid Terbesar di Rusia May 24, 2008

Posted by subpokrusia in Kabar dari Rusia.
trackback

Mesjid Kul-Sharif atau dalam bahasa Rusia мечеть Кул-Шариф adalah mesjid terbesar di Rusia yang terletak di negara bagian Tartarstan tepatnya berada di kota Kazan. Mesjid dengan kubah berwarna biru ini pada awalnya yaitu pada abad ke 16, merupakan bagian dari Kremlin Kazan. Sedangkan pemberian namanya itu sendiri adalah untuk mengenang Qulsharif yang mati terbunuh karena mempertahankan Kazan dari Rusia pada tahun 1552.

Setelah hancur pada tahun 1552, mesjid ini dibangun kembali pada tahun 1996. Dan pada tanggal 24 Juli 2005 pembukaan kembali mesjid Kul-Sharif ini dijadikan momentum kebangkitan Kazan dan Tartarstan. Dengan kontribusi dari beberapa negara seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, mesjid ini menjadi aspirasi dan lambang kemerdekan dan kemenangan Kazan. Mesjid dengan 8 menara dan satu kubah utama yang dapat terlihat dari Katedral St. Basil, Moskow ini dilengkapi pula dengan perpustakaan, ruang publikasi serta ruang bagi iman.

Saat ini, mesjid ini lebih sering digunakan bagi kepentingan umat muslim yang berada di Rusia serta menjadi pusat umat muslim ntuk merayakan hari raya,baik idul fitri maupu perayaan keagamaan lainnya.

Selain karena kemegahan mesjid yang juga terkenal di Eropa ini, keunikan lainnya yaitu mejid ini berdampingan dengan sebuah katedral atau gereja megah. Konon kabarnya orang Rusia percaya bahwa apabila berdoa didekat menara merah bata itu, maka doanya akan dikabulkan. <y>

Comments»

1. Adi N - May 24, 2008

Nice Blog
Please visit me back at http://www.adminkidnet.co.cc

2. subpokrusia - May 24, 2008

Спасибо большое. Мы будем открыт ваш сите

subpok rusia

3. Anton H Biantoro - May 25, 2008

Berapa ya sekarang jumlah jemaah yang beribadah di sana setiap hari, terutama kalau hari Jum’at? Thx.

4. POHHU.C - May 25, 2008

Siap Komandan jumlahnya cukup banyak sama kalau ibadah jum’at dikita.Disini hampir tiap rayon ada mesjid,karena masyarakat kazan sejarahnya banyak keturunan dari Turki dan Iran,ada juga dari asia terutama dari Cina dan Vietnam.Kita disini juga dikira orang cina atau vietnam he.he.mereka sebelumnya tidak tahu indonesia,setelah kami melalang buana disetiap sudut kota kazan akhirnya bendera Indonesia mulai berkibar.Demikian laporan singkat kami dari Bumi Kazan.

5. M.ARIFIN - May 25, 2008

Maaf ada koreksi neh buat penulis,kayanya jarak Moscow ke Kazan cukup jauh.Jika kita akan keKazan hanya ada 2 cara (lewat kereta dan pesawat)naek ka memakan waktu 11 jam,lewat udara saja memakan waktu 1jam30mnt.Kayanya tidak mungkin Mesjid QulSyarif terlihat dari Moscow.Trims.

6. subpokrusia - May 26, 2008

Terimakasih atas koreksinya. Karena kurang teliti dalam penerjemahan, maka ada mis interpretasi dari penulis terhadap kalimat tersebut.

Itu adalah spekulasi dari para ahli di Kazan yang menyatakan mungkin beberapa bagian dari masjid Kul_Sharif (menara dan kubahnya) dapat terlihat dari KATEDRAL ST. BASIL di Moskow (bukan di seluruh area Moskow).

Akan tetapi mungkin harus diuji lagi validitas info yang saya dapatkan. Bagaimana? Kami tunggu tanggapannya, terima kasih

Subpok Rusia

7. subpokrusia - May 26, 2008

zdravstvuitje…..

Jadi penasaran tentang Mesjid di Kazan yang kabarnya tersebar di setiap rayon. Bagaimana dengan wilayah lain seperti Moscow dan sekitarnya?

Spasiba

8. yesyoya - May 26, 2008

Sepanjang pengetahuan dan pengalaman saya, selama saya berkunjung ke beberapa kota di Rusia, hampir di setiap daerah …rayon…, itu selalu kita temui mesjid besar atau kecil, dan di setiap mesjid itu pasti ada pak ustad nya lho, mereka memakai sorban seperti sorbannya Pangeran Diponegoro dan berjanggut puaanjang. hanya pada saatnya waktu shalat tiba, suara adzan hanya dapat di dengar di dalam mesjid saja.

9. sundoro agung - May 30, 2008

Zdravsvuice..
Ada tambahan info juga…Disini (Rusia) jangan sampai kita salah masuk masjid, maunya ke masjid eee g taunya ke gereja..🙂 Habis bangunannya sama sih. Gereja bentuknya seperti masjid di Indonesia,pake kubah. Masjid bentuknya ada menara satu saja. Pokoknya jangan sampai keliru deh. Yang membedakan cuma bentuk atasnya kubah saja, kalau gereja diatas kubah ada salib sedangkan masjid ada bulan sabit..So jangan sampai salah ya..
Paka..

10. yubithea - June 3, 2008

Zdravsvuice..
Oooooooooooooo ngono toh yo dsono… Oh iya saya juga pernah mendengar kabar, konon katanya kubah mesjid di Indonesia itu terinspirasi dari kubah di Rusia. Benar ga itu berita???

11. mizan umay akbar - May 12, 2010

jd pingin mengunjungi kazan dan masjidnya yang indah seperti yang digambarkan m aji surya. semoga Alloh mengabulkan. amin


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: