jump to navigation

3D Body Scans untuk Membantu Keamanan di Bandara May 26, 2008

Posted by subpokrusia in Kabar dari Rusia.
trackback

Salah satu grup ilmuwan di Rusia sedang mengembangkan cara terbaru untuk mengidentifikasi orang atau objek melalui karakter fisiknya. Jika penemuan ini berhasil maka teknologi biometric ini dapat digunakan lebih luas lagi dalam pemeriksaan keamanan di bandara, di museum, dan juga di studio film.

Adalah tiga sekawan yaitu Sergey, Gleb and Andrey, membangun sebuah perusahaan yang mengembangkan teknologi 3D scanning untuk mengenali manusia melalui biometric. Biometrik itu sendiri merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang identifikasi manusia berdasarkan karakteristik fisiknya.

System mereka mengidentifikasi pergerakan manusia melalui security control baik di bandara maupun di pintu masuk. Perbedaannya dengan teknilogi yang sekarang digunakan yaitu bahwa alat ini memperbolehkan objek bergerak cepat tanpa perlu berhenti untuk pemeriksaan personal.

System itu juga menyediakan gambar objek 3D dan dapat digunakan oleh museum untuk mendisplay gambar diwebsitenya. Para arkeolog juga dapat menggunakan teknologi ini untuk menyimpan informasi pada objek yang mudah rusak (rapuh)

3D scanning akan segera digunakan di pusat-pusat kabugaran di seluruh ibu kota Rusia. Alat ini pula memungkinkan untuk mengukur ukuran tubuh dan menjejaki bagaimana perubahan ukuran tubuhnya selama proses training tersebut.

Sementara itu, salah satu system yang telah digunakan yaitu mengambil gambar (foto) untuk biometric paspor melalui teknologi pengenalan retina. Biometrik paspor tidak hanya lebih aman, juga memudahkan apabila hendak bepergian. Teknologi ini selangkah mendekati perjalanan bebas visa dan juga cara lain untuk memerangi terorisme. <y>

sumber: russiatoday.com

Comments»

1. Anton H Biantoro - May 26, 2008

Goooood!
I just stop a while to check the progress!

2. sundoroagung - May 30, 2008

Zdavstvuice..
Kalau melihat perkembangan teknologi seperti itu, makin ketat saja keamanan bandara ya? DiMoskow yang saya rasakan pemeriksaan bandara juga ketat, jadi semua barang masuk xray termasuk sepatu juga. Habis itu badannya discan dengan alat khusus. Kita tinggal berdiri rentangkan tangan di tabung, tabung itu berputar mengitari kita. Dimonitor akan terlihat badan kita seperti difoto xray..Ini berbeda sekali dengan sistem kam bandara di tempat kita. Satpam rata2 perempuan semua,tapi strik (keukeuh) banget tuh…No kompromi.
Paka..

3. yubithea - June 3, 2008

Zdavstvuice..
Memang melihat perkembangannya pesat sekali. Apabila qta tidak mengikuti tau-tau begitu qta pakai alat itu eh dt4 orang dah out of date aja. Bahaya bahaya…

Ayo ayo ayooo ga boleh gaptek alias gagap teknologi. (padahal aku sensiri masih gaptek😉 )

Btw satpamnya walau keukeuh jumeukeuh tetep cantik-cantikkann hehehe

Poka

4. yesyoya - June 4, 2008

itu keukeuh tuh bahasa apa ? apalagi jadi mnojestvennoye cislo – jamak euy……jadi keukeuh jumeukeuh……curiga dulu sebelum ke Rusia sepertinya pak Sundoro gak pernah bilang keukeuh ..eh sekarang kok bisa muncul kata itu di saat pak Sundoro lagi di Rusia…..sopo sing ngajarin ? jangan …..jangan….ya dari pryepadavatyel juga…..o..o…tak ingat…..apa iya ya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: