jump to navigation

Beliye Nochi June 3, 2008

Posted by subpokrusia in Kabar dari Rusia.
trackback

Beliye Nochi atau juga disebut ‘malam Putih’ merupakan hal yang biasa bagi warga di St Petersburg, Rusia.Malam putih adalah malam dimana matahari terlambat tenggelam atau tenggelam setelah larut malam. Malam putih ini terjadi setiap tahunnya pada musim panas, biasanya pada tanggal 11 Juni – 2 Juli.

Malam putih terjadi di St Petersburg karena letak geografis kota ini yang berada dibagian paling utara yaitu 59 derajat 57′ Lintang Utara. Sebagai kota paling Utara sedunia, Petersburg terletak di Lintang atas dimana matahari tidak cukup turun dibawah horizon untuk langit menjadi gelap, sehingga sulit membedakan dengan keadaan di siang hari. Hal ini menyebabkan ketidakadaannya lampu jalan yang menerangi malam di St. Petersburg.

Setiap tahun, pada musim panas jalanan St Petersburg terutama di tepi sungai dan canal dipenuhi oleh masyarakat yang menikmati hari panjang. Selama musim panas ini pula diselenggarakan festival musim panas. Musik, opera dan tarian dari para composer terkenal Rusia dapat dinikmati dimanapun, yang membuat kota selalu nampak hidup. Tak ketinggalan pagelaran balet dan teater kecil pun diselenggarakan pada festival ini. Selain itu, biasanya mereka menjadikan jembatan sebagai TV raksasa dimana ditayangkan film-film khas Rusia.

Bahkan pada tahun ini diperkirakan akan ada hari dimana matahari tidak tenggelam sama sekali atau bersinar selama 24 jam penuh. Nah anda ingin menikmati malam romantis? Berkunjunglah ke St Petersburg pada bulan Juni-Juli. <y>

Comments»

1. sundoroagung - June 30, 2008

Klo mslh mlm2 gini saya kurang tahu.Hbs blm prnh ke st petersburg.🙂 cm klo musim panas,mmg wkt tidur jd kurang bahkan sy tanya gmn pas puasa,ktnya its not fasting anymore,but sufering..

2. octa - August 1, 2008

Waaaaauuw… enaknya kena sinar matahari 24 jam, tidak ada tidur malam tapi tidur siang dan tidak ada donk malam romantis di St Petersburg.

3. subpok Indonesia - August 11, 2008

Haloo subpok Rusia, perkenalkan kami subpok Indonesia. Jgn lupa links ke kami yaa…

……………………………………………………………………………………………….

alo jg subpok Indonesia…., selamat bergabung…n trims krn udah mampir ke blog Rusia…salam hangat.

4. sulaiman - August 15, 2008

Repot juga kalau kurang tidur, perlu penyesuaian waktu tidur, munngkin disana banyak yang menguap kalau malam putih … karena mengantuk, kalau yang senang kerja mungkin hepi aja, tapi apakah banyak yang sakit karena terus kerja.

5. alleros - August 22, 2008

betul pak okta, tidak hanya di St. Petersburg, tapi saat pertama kali pada bulan Juni saya datang di kota Moskow, waktu itu saat saya tidur jam 11 malam saya masih melihat terangnya sinar matahari, kemudian saya terbangun jam 1 malam eh matahari masih bersinar terang…weleh..weleh kaget juga, hanya bedanya di luar sepi sekali hanya terlihat ada satu atau dua atau tiga atau empat orang peminum sedang sempoyongan dijalanan karena mabuk minum vodka, jadwal shalat juga setiap harinya berubah-rubah, saya sangat beruntung karena ada staf KBRI yang baik hati mau mengirim faximile jadwal shalat ke sekolah saya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: